SMS LBA sudah lama menjadi strategi pemasaran yang terbukti efektif. Oleh karena itu, banyak perusahaan, UMKM dan organisasi saat ini masih menggunakan SMS LBA untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan. Meskipun demikian, banyak perusahaan yang kurang familiar dengan strategi pemasaran ini.
1.Apa itu SMS LBA?
Layanan SMS LBA (Location Based Advertising) adalah layanan SMS blast yang menargetkan orang-orang yang berada di lokasi tertentu yang sudah diatur untuk mengirim konten promosi atau marketing dengan kriteria target yang dapat kita request ke pihak operator, seperti usia, jenis kelamin, tipe HP, tingkat pemakaian/pulsa, dan lain-lain.
2.Mengapa strategi SMS LBA begitu Populer?
Iklan berbasis SMS adalah bentuk iklan yang memungkinkan bisnis menjangkau pelanggan potensial melalui pesan teks. Jenis iklan ini semakin populer karena kemampuannya menjangkau khalayak luas dengan sedikit usaha.
Bisnis dapat menggunakan iklan berbasis SMS untuk mempromosikan penawaran khusus, penawaran, dan kupon kepada pelanggan potensial. Iklan berbasis SMS adalah cara terbaik untuk menjangkau calon pelanggan yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda.
Jika Anda sedang mencari cara baru untuk menjangkau target pasar Anda, iklan berbasis SMS mungkin merupakan solusi yang tepat untuk Anda.
3.Bagaimana cara kerja SMS LBA?
Penentuan Lokasi
Sebelum mengirimkan SMS LBA, pengirim SMS perlu menentukan lokasi HP pelanggan berdasarkan jangkauan Base Transceiver Station (BTS) operator.
Penyesuaian Profil
Setelah nomor target penerima SMS LBA di suatu lokasi teridentifikasi, pengiklan akan melakukan penyesuaian profil penerima SMS, misalnya usia, jenis kelamin, tipe HP, dan sebagainya.
Pengiriman SMS
Terakhir, pesan promosi akan dikirimkan langsung oleh operator. Bukan diketik satu per satu, apalagi manual. Hal ini memungkinkan pengiriman SMS iklan ke banyak kontak sekaligus.
4.Keuntungan menggunakan SMS LBA
Target Lebih Spesifik
Target SMS iklan yang dikirimkan ke pelanggan melalui sistem LBA dapat lebih terukur karena berdasarkan lokasi pelanggan berada, usia, tipe HP, dan masih banyak kriteria lain.
Segmentasi Luas
Segmentasi target SMS LBA tidak terbatas pada pelanggan korporat (corporate subscriber) saja, tetapi juga individu (personal advertiser) atau UMKM (small-medium enterprise).
Diversifikasi Media Promosi
Layanan SMS LBA memungkinkan Anda memperbanyak jalur promosi. Selain di sosial media atau internet (misalnya), juga menciptakan segmen baru berupa mobile business.
Persentase Dibaca Tinggi
Oleh karena SMS iklan diterima pengguna yang sedang berada di lokasi (koordinat) tertentu secara real time, pesan Anda pun langsung mendapat perhatian.
Konten SMS Berguna
Penentuan target penerima SMS yang telah disesuaikan dengan profil pelanggan, bukan berupa pesan spam, sehingga diharapkan menjadi informasi yang berguna.
Jumlah SMS Dibatasi
Jumlah SMS promosi yang diterima pelanggan per hari akan dibatasi. Tak cuma itu, sistem SMS LBA kami juga memastikan pelanggan takkan menerima konten pesan secara berulang.